Cara mengontrol asam urat tinggi

Tags: mengontrol asam urat, asam urat, asam urat tinggi

Cara mengontrol asam urat tinggi



Apakah anda pernah merasakan rasa sakit yang teramat pada daerah sendi ? Anda perlu waspada, penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah.

Asam urat diproduksi ketika tubuh mengolah purin dari makanan. Asam urat itu kemudian akan masuk ke dalam aliran darah dan melewati ginjal. Normalmya asam urat akan dikeluarkan dari tubuh melalui air seni. Namun, ada kalanya asam urat tetap berada dalam tubuh, menumpuk, dan terus menumpuk.

Bahaya muncul ketika di dalam tubuh tertimbun terlalu banyak asam urat. Kadar asam urat yang tinggi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang pada puncaknya dapat mengakibatkan gout, alias peradangan sendi. Peradangan sendi itu bersifat menahun dan apabila sudah beberapa kali menyerang, sendi bisa menjadi bengkok.

Mengapa kadar asam urat dalam darah bisa tinggi ? Ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan tingginya asam urat.

Minum terlalu banyak alkohol adalah 'penjahat' tingginya kadar asam urat. Meski demikian, asam urat yang tinggi juga bisa disebabkan oleh faktor genetik, obesitas, menu makan kaya purin, dan ketidakmampuan ginjal menyaring zat-zat tidak berguna dari darah. Obat diuretik pemercepat pembentukan urin pun juga dapat menyebabkan tingginya asam urat dalam tubuh.

Lantas, bagaimana langkah yang tepat untuk mengontrol asam urat ? Ini dia beberapa kiat untuk menendalikan tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi makanan kaya serat. Menurut penelitian, makanan yang kaya serat dapat membantu mengontrol kadar asam urat. Jika kadar asam urat tinggi, jangan lupa menambahkan banyak makanan berserat dalam menu harian Anda. Oats, brokoli, dan beberapa sayuran lain sangat kaya akan serat dan dapat mengendalikan kadar asam urat.

  2. Memasak dengan minyak zaitun. Cobalah memasak dengan minyak zaitun dan kurangi menggunakan minyak sayur atau mentega. Minyak zaitun ? Jangan bayangkan minyak zaitun yang digunakan untuk pijat atau spa. Minyak zaitun yang dapat untuk menurunkan kadar asam urat adalah minyak zaitun yang diproses dengan tekanan suhu dingin. Minyak reguler menghasilkan lemak jahat yang bisa membunuh vitamin E, dan sebagai gantinya memproduksi asam urat. Hal ini dapat dihindari dengan memasak menggunakan minyak zaitun sehingga kadar asam urat tidak tingi.

  3. Hindari produk Roti. Kue-kue manis memang lezat. Namun, Anda perlu menghindarinya jika tidak ingin asam urat jadi tinggi. Makanan-makanan itu bertanggung jawab pada tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Untuk mengontrol asam urat yang tinggi, konsumsi cake dan kue harus dihindari.

  4. Perbanyak minum air putih. Percaya atau tidak, air putih adalah solusi terbaik untuk segala permasalahan fungsi tubuh. Bagaimana bisa? Saat meminum air putih, asam urat akan disiram dari ginjal dan dikeluarkan melalui urin. Jadi, jangan lupa untuk minum sedikit air putih secara teratur agar kadar asam urat turun.

  5. Makan buah ceri. Buah ceri baik bagi mereka yang sudah terserang gout karena ceri memiliki fungsi anti-inflamasi. Untuk mengatasi gout, sepuluh hingga empat puluh buah ceri harus dikonsumsi dengan rentang waktu tertentu dalam satu hari. Jangan mengonsumsinya sekaligus karena bisa mengakibatkan gangguan lain.

  6. Perbanyak asupan vitamin C. Vitamin C menjamin dikeluarkannya asam urat dari tubuh melalui urin. Dengan mengonsumsi Vitamin C, Anda bisa memastikan asam urat yang mengganggu itu telah dikeluarkan dari tubuh. Berapa takaran Vitamin C yang harus dikonumsi? Dikutip dari Boldsky, jumlah Vitamin C yang harus dikonsumsi adalah sekitar 500 miligram per hari.

Below is related products to this article, click the icon below to see more detail.

Related Article :

  • Asam urat / Gout
  • Manfaat Kubis
  • Kunyit Tanaman Biomedis Dunia
  • Turmeric (Kunyit)
  • Magnesium Mineral
  • Tidak Sarapan Produksi Insulin Meningkat
  • Manfaat Rumput Laut
  • Rumput Laut Sebagai Antioksidan
  • 5 Nutrisi Top Untuk Turunkan Tekanan Darah
  • Makanan Penyehat Tulang
  • Manfaat Magnesium
  • Food & Beverage


Type somethings in the text box below to begin searching