Influenza

Tags: influenza, flu

Apa Itu Flu ?



Influenza, biasanya disingkat dengan kata “Flu” adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang sering muncul di musim dingin (winter) dan awal musim semi (Spring). Infeksi penularannya melalui system pernapasan bagian atas dan kadang-kadang menyebar ke paru- paru.

Biasanya virus menyebar melalui sejumlah orang yang berkumpul di ruangan tertutup seperti sekolahan, kantor dan rumah sakit. Wabah influenza global terjadi sejak tahun 1918, dimulai di camp pelatihan militer di Kansas, yang akhirnya membunuh lebih dari 500.000 orang di Amerika dan lebih dari 20 juta orang di seluruh dunia.

Meskipun Pilek dan Influenza berasal dari virus yang menginfeksi sistem pernapasan bagian atas, gejala influenza lebih jelas dan komplikasinya lebih beragam. Influenza kebanyakan terjadi pada anak-anak usia sekolah, tetapi pengaruh yang paling dirasakan oleh bayi atau balita atau orang – orang yang mempunyai penyakit ringan yang kronis.

Meskipun kemajuan pencegahan dan pengobatannya, influenza dan komplikasinya masih menewaskan sekitar 36.000 orang setiap tahunnya di Amerika.

Turunan khusus dari penyakit dapat dicegah dengan Vaksin Flu atau dengan mengambil satu dari beberapa tipe dari pengobatan. Beberapa dari pengobatan ini mungkin mengurangi kepelikan dan lamanya penyakit jika mulai dari 48 jam gejala.

Pilek atau Flu ?

Pilek dan influenza umum keduanya adalah virus infeksi saluran pernapasan atas yang menular. Meskipun gejalanya mirip, influenza lebih buruk. Pilek mungkin bisa membuat anda sedikit lemah, tetapi influenza dapat membuat anda merasa ngeri pada saat bangun dari tempat tidur.Hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan bersin adalag pilek umum dan kedua penyakit menyebabkan batuk, sakit kepala sesak dada.

Karena Influenza, anda kelihatan terserang demam tinggi untuk beberapa hari, kepala anda dan badan anda akan terasa sakit. Biasanya, komplikasi dari pilek adalah sangat minor, tetapi untuk beberapa kasus influenza dapat menjadi penyakit perlu penangganan seumur hidup seperti pneumonia.

Lebih dari 100 jenis virus pilek yg dikenal dan keturunan dari influenza berevolusi setiap beberapa tahun. Karena kedua penyakit adalah virus, tidak dapat di sembuhkan dengan antibiotik, yang hanya mengobati infeksi bakteri, tetapi beberapa pengobatan antivirus sekarang ini tersedia untuk membantu mengobati influenza. Masih belum ada pengobatan yang khusus untuk melawan pilek / selesma yang terus berkembang. Antibiotik mungkin masih berguna tetapi hanya mengobati infeksi bakteri sekunder.

Apa yang menyebabkan Flu ?

Virus flu ditularkan dengan cara menghirup udara yang mengandung virus, kontak langsung dengan saluran pembuangan pernapasan seperti berbagi minuman atau sharing perkakas minuman dan makanan atau memegang peralatan yang dipegang oleh orang yang terinfeksi. Dalam kasus belakangan ini, virus menempel di kulit dan kemudian masuk ke badan ketika anda memegang atau mengosok mata, hidung atau mulut. Cuci tangan adalah sangat penting untuk mengurangi penyebaran dari influenza. Gejalanya mulai berkembang dari satu sampai empat hari setelah terinfeksi dengan virus.

Ilmuan membagi virus influenza menjaditiga kategori umu yaitu type A, B dan C. Meskipun semua dari ketiga type dapat bermutasi atau berubah menjadi turunan baru, influenza type A sering bermutasi, menghasilkan turunan baru dari virus setiap beberapa tahun. Ini artinya anda tidak akan dapat mengembangkan sebuah kekebalan permanen untuk influenza. Meskipun anda mengembangkan antibodi untuk melawan virus flu di tahun pertama, antibodi ini tidak dapat melindungi anda dari turunan baru dari virus ini tahun depan.

Mutasi type A adalah menjadi penyebab untuk wabah utama setiap beberapa tahun. Type B adalah type yang kurang umum dan biasanya berakhir pada penyakit ringan. Namun demikian, wabah utama dapat terjadi dengan type B setiap tiga sampai lima tahun.

Type C menyebabkan infeksi tetapi tidak menyebabkan gejala flu khusus. Baik influenza type A dan B telah dihungkan dengan perkembangan dari Reye's syndrome, sebuah komplikasi yang mematikan yang biasanya terjadi pada orang - orang dibawah umur 18 tahun. Penyebaran dari Reye's syndrome telah terjadi pada influenza type B dan juga pada chickenpox tetapi virus lain dilibatkan. Resiko menjadi meningkat ketika minum aspirin, jadi anak - anak tidak boleh minum aspirin selama terkena penyakit virus.

Kebanyakan influenza yang menginfeksi manusia nampaknya berasal dari Asia, yang mana berhubungan dekat ternak dengan manusia yang menciptakan lingkungan yang memudahkan untuk mutasi dan penularan dari virus. Babi dapat menangkap virus dari burung, unggas dan virus dari manusia dan bertindak sebagai tuan rumah dari pertemuan beberapan turunan virus yang berbeda dan bermutasi menjadi virus baru. Babi kemudian menginfeksi manusia dengan virus bentuk baru dengan cara yang sama manusia menginfeksi satu sama lainnya, menyebarkan virus melalui udara.

Terjemahan dari Review Medis oleh Tracy Shuman, MD, July 2005.

SOURCES: Centers for Disease Control. Immunization Action Coalition. American Academy of Family Physicians.

Learn more about Influenza from the books below, click the icon to see more detail.

Related article :


Type somethings in the text box below to begin searching