Oriental BioRhythmic

Tags: Oriental BioRhythmic, TCM, Traditional Chinese Medicinetal, aktivitas chi, energi vi

Oriental BioRhythmic



Dr. William Adi Tedja, TCM, MA, dari Klinik Utomo Chinese Medical Center, Jakarta Barat, menyatakan bahwa ilmu Traditional Chinese Medicine (TCM) mengenal jam piket organ atau disebut juga oriental biorhythmic. Dalam waktu 24 jam, tubuh membagi diri menjadi 12 area, masing-masing area mewakili satu organ dan memiliki aktivitas chi (energi vital) maksimal.



Pukul 19.00-21.00, misalnya, chi lambung berada pada posisi yang sangat rendah untuk beraktivitas. Akibatnya, kerja organ lambung kurang maksimal. Karena itu, Sinse David Sungahandra menganjurkan pasien yang kelebihan berat badan untuk berhenti makan sebelum pukul 19.00.

Penderita tifus biasanya mengalami peningkatan suhu tubuh pada jam-jam tertentu. Hal ini, katanya, karena aktivitas chi usus besar pada posisi lemah. Chi limpa terlalu lemah pada pukul 21.00-23.00, sehingga sering timbul reaksi menggigil. Penderita asma yang mengalami kekambuhan pada pukul 03.00-05.00 karena aktivitas chi paru-paru mencapai puncaknya bersamaan dengan menurunnya chi kandung kemih.

"Kalau asma kambuh pada pukul 05.00-07.00 karena aktivitas usus besar terlalu besar dan organ ginjal terlalu lemah. Bila pada jam ini seseorang mengalami sakit dada, napas pendek, dan tidak nyaman di dada bagian atas, berarti aktivitas chi jantung terlalu tinggi, sebaliknya chi empedu terlalu lemah,”ujarnya.

Jika terjadi kondisi sakit pada suatu organ, gejalanya lebih kelihatan pada saat jam organ memasuki masa puncak chi. Terapi cocok diberikan pada masa-masa itu demi menciptakan efek maksimal. Terapi bisa dengan metode akupuntur, moksibasi, maupun obat herbal.


Pukul 07.00-09.00
Lambung sedang bekerja secara makasimal. Minumlah jus sebelum sarapan pagi, saat perut masih kosong, sehingga zat yang berguna dapat diserap tubuh. Jangan lewatkan makan pagi untuk proses pembentukan energi sepanjang hari. Pada jam ini, selaput jantung sedang bekerja secara minimal.

Pukul 09.00-11.00
Limpa sedang bekerja secara maksimal menstransportasi cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan.
Bila pada jam-jam ini timbul rasa ngantuk, berarti fungsi limpa lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak, dan protein hewani. Pada jam ini, organ tiga pemanas sedang bekerja secara minimal.

Pukul 11.00- 13.00
Jantung bekerja secara maksimal. Sebaiknya beristirahat, hindari panas, olah fisik, dan timbulnya emosi, terutama pada penderita gangguan pembuluh darah. Pada jam ini kandung empedu sedang bekerja secara minimal.

Pukul 13.00-15.00
Hati sedang bekerja secara minimal. Saat ini darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasis sel hati. Bila fungsi hati kuat, tubuh kuat menangkal semua penyakit. Pada jam ini usus kecil sedang bekerja secara maksimal.

Pukul 15.00-17.00
Paru-paru sedang bekerja minimal.
Tubuh perlu istirahat untuk proses pembuangan racun dan pembentukan energi paru-paru. Pada jam ini kantong kemih justru sedang bekerja secara maksimal.

Pukul 17.00-19.00
Ginjal sedang bekerja secara maksimal. Sebaiknya jam-jam ini digunakan untuk belajar karena sedang terjadi proses “pertumbuhan” otak dan kecerdasan serta pembentukan sumsum tulang.
Usus besar sedang bekerja secara minimal.

Pukul 19.00-21.00
Lambung sedang bekerja secara minimal.
Hindari konsumsi makanan yang sulit dicerna atau berhenti makan sama sekali. Pada jam ini selaput jantung bekerja secara maksimal.

Pukul 21.00-23.00
Limpa sedang bekerja secara minimal karena terjadi proses pembuangan racun dan regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil mendenganrkan musik yang menenangkan jiwa untuk meningkatkan imunitas tubuh.
Pada jam ini organ tiga pemanas sedang bekerja secara maksimal.

Pukul 23.00-01.00
Jantung sedang bekerja secara minimal. Sebaiknya Anda tidur. Terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung. Pada jam ini, organ kandung empedu sedang bekerja secara maksimal.

Pukul 01.00-03.00
Hati sedang bekerja secara maksimal karena terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh.
Bila ada luka dalam, akan terasa sakit. Pada jam ini, usus kecil sedang bekerja minimal.

Pukul 03.00-05.00
Paru-paru sedang bekerja secara makasimal karena terjadi proses pembuangan racun. Bila fungsi paru-paru terganggu akan memicu batuk dan bersin-bersin. Sebaiknya lakukan olah napas agar energi paru-paru lebih sehat dan kuat. Pada jam ini kantong kemih sedang bekerja secara minimal.

Pukul 05.00-07.00
Usus besar sedang bekerja secara maksimal.
Biasakan buang air besar secara teratur. Pada jam ini organ ginjal sedang bekerja secara minimal.

Click the icon below or right click on the icon below and open it in new tab to see more detail

Related Articles :


Type somethings in the text box below to begin searching