Trigliserida

Tags: Trigliserida, kadar trigliserida

Trigliserida atau Triglycerides

Selain kadar kolesterol yang tinggi perlu menjadi perhatian kita adalah kadar trigliserida yang tinggi,para peneliti menemukan bahwa kadar trigliserida yang tinggi juga merupakan indikator paling bermakna terjadinya stroke dan penyakit jantung, berapapun kadar kolesterolnya.

Menurut the National Cholesterol Education Program, kadar trigliserida yang normal adalah kurang dari 150 mg/dL. Kadar yang termasuk perbatasan tinggi adalah 150-199, dan 200-499 termasuk dalam tinggi. Kadar trigliserida yang mencapai 500 sudah tergolong sangat tinggi.

Berikut ini adalah ambang batas trigliserida dalam darah sbb :

Kadar yang diingini : maksimal 150 mg / dl
kadar ambang batas tinggi : antara 151 - 250 mg /dl
Kadar trigliserida tinggi : 251 - 400 mg / dl
Kadar trigliserida amat tinggi : 401 mg / dl atau lebih

Trigliserida adalah bukan kolesterol, melainkan salah satu jenis lemak, yang terdapat dalam darah yang dikemas dalam bentuk partikel lipoprotein. Trigliserida merupakan lemak darah yang secara khusus berada pada lapis kedua Low-Density Lipoprotein atau LDL, yang dikenal sebagai kolesterol "jahat" karena perannya dalam memicu serangan jantung dan stroke. Obat penurun kolesterol yang dikenal sebagai "statin" memang dapat mengurangi LDL, tapi obat itu sering kali tak mampu menurunkan trigliserida - lemak darah yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi dan lemak dalam tubuh.

Trigliserida akan dialirkan melalui aliran darah untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi tubuh. Namun, trigliserida juga bisa menjadi simpanan energi dalam bentuk gajih bila makanan yang kita konsumsi melebihi kebutuhan tubuh kita.

kita mengira bahwa dengan diet rendah lemak akan menurunkan kadar trigliserida,ternyata tidak sepenuhnya benar. Penyebab utama adalah konsumsi gula yang berlebihan. Oleh karena itu makanan paling penting yang harus dihindari adalah karbohidrat yang mempunyai nilai glikemik yang tinggi, nilai glikemik adalah seberapa besar karbohidrat yang dapat diubah menjadi gula.

Makan makanan yang mengandung lemak akan meningkatkan kadar trigliserida dalam darah dan cenderung meningkatkan kadar kolesterol. lemak yang berasal dari nabati memang tidak mengandung kolesterol namun mengandung trigliserida yang tinggi contohnya durian, kelapa . Sejumlah faktor dapat mempengaruhi tingginya trigliserida dalam darah seperti kegemukan, makanan berlemak jenuh tinggi, makanan yang tinggi glukosa / karbohidrat serta minuman alkohol. Pada beberapa kasus ditemukan adanya hubunagn faktor genetik dan trigliserida yang tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida harus dibarengi dengan perubahan pola makan / memilah- milah jenis makanan . Untuk memperbaiki kadar trigliserida omega 3 dan serat memiliki peranan yang cukup penting.

Menurunkan kadar trigliserida itu sangat penting karena menurut study terkini yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa jika kadar trigliserida tinggi beresiko dua sampai tiga kali lebih tinggi menderita penyakit jantung dan stroke meskipun kadar kolesterol totalnya rendah, obat-obatan untuk menurunkan kadar trigliserida mempunyai efek samping yang serius. Menurut American Heart Association menganjurkan obat hanya dipertimbangkan sesudah tatalaksana diet secara alamiah menemui kegagalan dan harus ketat di bawah supervisi dokter.

Untuk diet menurunkan kadar trigliserida mulailah dengan :

  • Perbanyak makanan tinggi protein tak berlemak
  • Ganti karbohidrat dengan nilai glikemik tinggi dengan karbohidrat berglikemik rendah.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang mengandung serat tinggi.
  • Ganti konsumsi lemak jenuh dan trans dengan lemak yang baik.
  • Turunkan total lemak makanan sampai 20%-30% dari kalori.
  • Kurangi intake kalori untuk menurunkan berat badan dan pertahankan berat badan yang ideal.
  • Berolah raga minimal 30 menit per hari.
  • Hentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.

Click the icon below or right click on the icon below and open it in new tab to see more detail

Related Articles :


Type somethings in the text box below to begin searching